Fage Teraphy dan Fage Biocontrol pada Makanan


Fag Terapi adalah penggunaan terapi bakteriofag untuk mengobati infeksi bakteri patogen. [1] Meskipun banyak digunakan dan dikembangkan terutama di negara-negara bekas Uni Soviet sekitar tahun 1920, pengobatan tidak disetujui di negara-negara selain Georgia. Terapi fag memiliki potensi aplikasi banyak obat manusia serta kedokteran gigi, ilmu kedokteran hewan, dan pertanian [2] Jika host target pengobatan terapi fag bukanlah binatang istilah "biokontrol" (seperti dalam fag-dimediasi biokontrol bakteri. ) biasanya digunakan, daripada "terapi fag".
Bakteriofag jauh lebih spesifik daripada antibiotik, sehingga mereka hipotetis dapat dipilih untuk menjadi langsung berbahaya tidak hanya untuk organisme inang (manusia, hewan, atau tumbuhan), tetapi juga untuk bakteri menguntungkan lainnya, seperti flora usus, mengurangi kemungkinan oportunistik infeksi [3]. Mereka akan memiliki indeks terapeutik yang tinggi, yaitu, terapi fag diperkirakan akan menimbulkan sedikit jika ada efek samping, karena bertentangan dengan obat, dan tidak akan menekankan hati. [rujukan?] karena fag mereplikasi in vivo, dosis efektif yang lebih kecil dapat digunakan. Di sisi lain, spesifisitas ini juga kerugian: fag hanya akan membunuh bakteri jika itu adalah pertandingan dengan strain tertentu. Akibatnya campuran fag sering diterapkan untuk meningkatkan peluang keberhasilan, atau sampel dapat diambil dan fag yang tepat diidentifikasi dan tumbuh.

Fag saat ini sedang digunakan terapi untuk mengobati infeksi bakteri yang tidak merespon terhadap antibiotik konvensional, terutama di Republik Georgia [4] [5]. [6] Mereka cenderung lebih berhasil daripada antibiotik mana ada biofilm ditutupi oleh polisakarida lapisan, yang antibiotik biasanya tidak dapat menembus [7] di Barat, tidak ada terapi saat ini diizinkan untuk digunakan pada manusia, meskipun fag untuk membunuh bakteri keracunan makanan (Listeria) sekarang digunakan.. [8]

0 komentar:

Posting Komentar